• Rendemen Tebu

    by  • March 14, 2013 • Agrobisnis • 0 Comments

    Rendemen tebu adalah kadar kandungan gulaPembuatan Gula Tebu . Read more ... » didalam batang tebu yang dinyatakan dengan persen. Misalnya rendemen tebu 10 persen, artinya ialah bahwa dari 100 kg  tebu yang digilingkan akan diperoleh gulaPembuatan Gula Tebu . Read more ... » sebanyak 10 kg.
    Ada 3 macam rendemen, yang masing-masing memiliki kegunaan sendiri atas dilakukannya penghitungan rendemen tersebut.

    Rendemen Contoh
    Digunakan  untuk mengetahui gambaran suatu kebun tebu berapa tingkat rendemen yang sudah ada sehingga dapat diketahui kapan saat tebang yang tepat dan kapan tanaman tebu mencapai tingkat rendemen yang memadai.

    Rendemen Sementara
    Digunakan untuk menentukan bagi hasil gulaPembuatan Gula Tebu . Read more ... », akan tetapi sifatnya masih sementara. Hal ini dilakukan untuk memenuhi ketentuan yang menginstruksikan agar penentuan bagi hasil gulaPembuatan Gula Tebu . Read more ... » dilakukan secepatnya setelah tebu petani digiling sehingga petani tidak menunggu terlalu lama sampai selesai giling.

    Rendemen Efektif
    Rendemen efektif disebut juga rendemen nyata atau rendemen terkoreksi, yaitu rendemen hasil perhitungan tebu tebu digiling habis dalam jangka waktu tertentu.Perhitungan rendemen efektif ini dapat dilaksanakan dalam setiap  jangka waktu 15 hari atau juga disebut 1 periode giling. sehingga apabila pabrik gulaPembuatan Gula Tebu . Read more ... » mempunyai hari giling 165 hari, maka jumlah periode giling adalah 165/15 = 11 periode. Hasil perhitungan rendemen efektif ini hasilnya akan diberitahukan kepada para petani tebu. Hasil perhitungan rendemen efektif ini sangat penting artinya bagi para petani tebu karena hasil dari perhitungan rendemen efektif ini akan menjadi salah satu point penting dalam sistem bagi hasil antara para petani tebu dengan pabrik gulaPembuatan Gula Tebu . Read more ... »

    Comments

    comments

    About

    Leave a Reply